Kamis, 02 Juli 2015 Tags: 0 komentar

PERTEMUAN 5
TEKNOLOGI KOMUNIKASI PERKANTORAN

Telekomunikasi
Telekomunikasi didefinisikan oleh Rowe sebagai komunikasi yang menggunakan transmisi informasi yang menggunakan peralatan elektronik maupun elektromagnetik.
Sedangkan menurut Quible, telekomunikasi sebagai transmisi informasi yang menggunakan teknologi telepon.

Manfaat telekomunikasi bagi organisasi adalah:
1.    Mendapatkan informasi pada waktu yang tepat di tempat yang tepat.
2.    Mendapatkan data yang real time.
3.    Memungkinkan operasi perusahaan baik fasilitas       maupun SDM tersebar diberbagai tempat.

Jaringan komunikasi
Jaringan komunikasi ini sebagai hubungan antara beberapa peralatan circuits (kontak) komunikasi yang dapat diklasifikasikan dalam beberapa hal, yaitu berdasarkan topologi, kepemilikan dan geografi.

1. Berdasarkan Topologi
a. Bintang
Konfigurasi ini menggunakan host computer sebagai         pemancar dan pendistribusian ke anggota jaringannya.
.

b. Topologi hierarki
Konfigurasi ini biasannya dikenal dengan konfigurasi pohon, host computer utama merupakan akar jaringan yang ada, sepintas mirip struktur organisasi. merupakan topologi yang bisa digunakan pada jaringan di dalam ruangan kantor yang bertingkat.
Hubungan antar satu komputer dengan komputer lain merupakan percabangan dengan hirarki yang jelas, sentral pusat atau yang berada pada bagian paling atas merupakan sentral yang aktiv sedangkan sentral yang ada di bawahnya adalah sentral yang pasif.

c. Topologi jala atau mesh
Konfigurasi ini hampir sama dengan hierarki namun intensitas hubungan antar anggota jaringan lebih banyak.

d. Topologi bus
    Menggunakan satu gedung dan ada satu jalur utama sebagai penghubung yang mendistribusikan kemasing-masing anggota jaringan.

e. Topologi cincin
     Topologi cincin atau ring topologi adalah topologi jaringan dimana setiap komputer yang terhubung membuat lingkaran. Dengan artian setiap komputer yang terhubung kedalam satu jaringan saling terkoneksi ke dua komputer lainnya sehingga membentuk satu jaringan yang sama dengan bentuk cincin. Biasanya digunakan  pada kondisi dimana masing-masing komputer berdekatan.
f.   Topologi hybrid
     Menggabungkan konfigurasi terdahulu dalam satu jaringan. Ketika ada suatu topologi bintang yang terhubung topologi bintang ke yang lain, masih tetap merupakan topologi star. Namun, ketika sebuah topologi bintang dan topologi bus yang terhubung ke satu sama lain, menimbulkan pembentukan topologi hibrida.
2. Berdasarkan kepemilikan
a. Private : Jaringan ini biasanya melayani kebutuhan internal organisasi yang tertutup akses publik.
b. Public : Jaringan ini dibangun oleh perusahaan telekomunikasi yang menjual layanan ke publik. Ada dua macam jaringan, yaitu Public Switched Telephone Network (PSTN) dan internet
c. Value Added networks (VANs) : Jaringan ini hampir sama dengan jaringan publik, yang menawarkan fasilitas transmisi berupa intelligence berdasarkan kebutuhan perusahaan

3. Berdasarkan geografi
a. Wide Are Networks (WAN)
     Jaringan Area Luas (Wide Area Network – WAN) menghubungkan suatu wilayah yang lebih luas dari segi geografis, misalnya menghubungkan Florida, Amerika Serikat dengan dunia, tanpa harus menyediakan sejumlah uang yang besar untuk membayar tagihan telepon. Namun, jaringan WAN ini agak rumit dan kompleks. Ia membutuhkan berbagai perangkat keras dan perangkat lunak sebelum memungkinkan jaringan lokal dan metropolitan berhubungan dengan komunikasi secara global dan internasional seperti Internet. Secara lahirnya, jaringan WAN terlihat mirip dan tidak banyak bedanya dengan LAN atau MAN.

b. Metropolitan Area Networks (MAN)
Jaringan Area Metropolitan (Metropolitan Area Network-MAN) biasanya meliputi suatu wilayah geografis yang agak luas dibandingkan dengan jaringan yang tercakup dalam LAN. Jaringan MAN biasanya dioperasikan di kota-kota, gabungan beberapa buah sekolah atau di sebuah daerah. Dengan menjalankan suatu jaringan yang sederhana besarnya di dalam lingkungan tata letak geografis yang besar, informasi dan informasi dapat disebarkan dengan luas, cepat dan efektif.

c. Local Area Networks (LAN)
Jaringan jenis LAN ini biasanya terbatas pada batasan geografis yang kecil misalnya jaringan yang meliputi sebuah bangunan, sekolah, kantor atau kampus. Fungsi dasar LAN sebagai satu jaringan yang menghubungkan sejumlah komputer di dalam area yang terbatas seperti di dalam kampus universitas, di dalam sebuah bangunan dan di dalam kamar dan kerapkali dihubungkan dengan komputer kerangka utama atau minikomputer. Namun, jarang sekali jaringan LAN meliputi kawasan yang lebih dari satu mil jaraknya.Komputer-komputer ini dapat dihubungkan dengan metode koneksi kabel maupun wireless

Telepon dan Internet
Sistem telepon
Ada empat sistem telepon yang digunakan selama ini oleh perusahaan yaitu.
1.     Key system. Sistem ini menggunakan central handset           yang memungkinkan operator  memilih jalur yang diinginkan dan mampu melayani 3 hingga 50 jalur.
2.       PBX (private branch exchange).
     Semua panggilan masuk dan keluar melalui switchboard.
3.  PABX (private automatic branch exchange)
    Operator menerima panggilan masuk dan      menghubungkan kepada penerima.
4.  Centrex (central exchange) Tidak memerlukan      switchboard untuk melakukan panggilan, semua pegawai        mempunyai nomor masing-masing.

Internet
Layanan Internet:
1.    E-mail
E-Mail atau surat elektronik merupakan layanan internet yang banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia maupun di dunia. Alamat e-mail saat ini layaknya sudah menjadi identitas pribadi, karena dengan e-mail kita bisa saling mengirim surat dengan cepat. Boleh dikatakan e-mail merupakan pengganti alamat rumah kita. Layanan internet berupa e-mail ini sangat banyak sekali macamnya, ada yang gratis dan ada yang berbayar. Contoh e-mail yang gratis adalah Yahoo, Gmail, dan Hotmail.    

2. World Wide Web (WWW)
Layanan internet yang berupa layanan www sangat populer di tengah-tengah masyarakat, layanan ini memungkinan kita semua bisa menjelajahi halaman website yang ada di internet. Para pencari informasi di internet memanfaatkan layanan www guna mencari informasi berlimpah dari internet. Sekedar mengingatkan saja meskipun layanan www ini bermanfaat sekali tetapi juga banyak sisi negatif yang juga ditawarkan seperti perjudian, pornografi, dan trafficking.

3. FTP (File Transfer Protocol)/Protokol pengiriman berkas
adalah sebuah protokol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pengiriman berkas (file) komputer antar mesin-mesin dalam sebuah Antarjaringan.FTP merupakan salah satu protokol Internet yang paling awal dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini untuk melakukan pengunduhan (download) dan penggugahan (upload) berkas-berkas komputer antara klien FTP dan server FTP.

4. Usenet
sistem diskusi Internet yang terdistribusi secara global, merupakan awal dari berbagai forum Internet yang banyak digunakan saat ini, secara kasar dapat dianggap sebagai hibrida antara surat elektronik dan forum web. Diskusi disusun menurut topik diskusi, dan ditampilkan oleh Newsreader seperti halnya susunan forum web dan BBSes, meskipun artikel disimpan pada peladen secara berurutan.

5. Listserv
Komputer yang mengotomatiskan pengiriman e-mail (bertindak sebagai pusat distribusi untuk pesan-pesan e-mail). Salah satu contoh adalah EDTECH yang para anggotanya mendiskusikan topik-topik yang terkait dengan teknologi pendidikan.

6. Internet messenger/ Pesan instan
sebuah teknologi Internet yang memungkinkan para pengguna dalam jaringan internet untuk mengirimkan pesan-pesan singkat secara langsung pada saat yang bersamaan (real time) dengan menggunakan teks kepada pengguna lainnya yang sedang terhubung ke jaringan yang sama. Istilan pesan instan (instant messaging) saat ini pada umumnya mengacu kepada sebuah teknologi yang dipopulerkan oleh America Online (AOL), yang kemudian diikuti oleh Yahoo! (Yahoo! Messenger), Google, dan Microsoft (Windows Live Messenger)dan perusahaan-perusahaan lainnya.

7. Internet telephony/ IP telephony
merupakan konsep penggunaan jaringan internet untuk melewatkan sinyal telepon dengan delay yang dapat diterima (masih dalam batas toleransi pendengaran manusia). Alasan utama berkembangnya internet telephony adalah biaya yang diperlukan untuk melakukan percakapan lebih murah dari pada percakapan menggunakan saluran telepon biasa, terutama untuk percakapan jarak jauh. Selain itu, dengan teknologi ini dapat dilakukan videoconferencing

8. Telnet (Telecommunication network)
adalah sebuah protokol jaringan yang digunakan pada Internet atau Local Area Network untuk menyediakan fasilitas komunikasi berbasis teks interaksi dua arah yang menggunakan koneksi virtual terminal.

Telecommuting dan telekomunikasi
Menurut Gomez-mejia, telecommuting adalah perencanaan kerja yang menungkinkan pegawai untuk bekerja di tempat selain kantor dengan selalu menghubungkan diri ke kantor melalui telephon, faksimile atau email.

Dampak negatif telecommuting:
1.       Pegawai tidak dapat menghindar dari pengawasan pihak manajemen.
2.       Pegawai akan beranggapan akan  terkucil dari rekan kerjanya.
3.       Pegawai akan kehilangan interaksi sosialnya.
4.       Pegawai beranggapan akan menambah tingkat stress dalam rumah tangganya.
5.       Pegawai beranggapan akan berdampak negatif bagi karirnya di masa depan.



           



No Response to " "

Posting Komentar