PERTEMUAN 5
TEKNOLOGI
KOMUNIKASI PERKANTORAN
Telekomunikasi
Telekomunikasi didefinisikan oleh Rowe sebagai
komunikasi yang menggunakan transmisi informasi yang menggunakan peralatan
elektronik maupun elektromagnetik.
Sedangkan
menurut Quible, telekomunikasi sebagai transmisi informasi yang
menggunakan teknologi telepon.
Manfaat
telekomunikasi bagi organisasi adalah:
1.
Mendapatkan
informasi pada waktu yang tepat di tempat yang tepat.
2.
Mendapatkan data
yang real time.
3.
Memungkinkan
operasi perusahaan baik fasilitas maupun SDM tersebar diberbagai tempat.
Jaringan
komunikasi
Jaringan
komunikasi ini sebagai hubungan antara beberapa peralatan circuits (kontak)
komunikasi yang dapat diklasifikasikan dalam beberapa hal, yaitu berdasarkan
topologi, kepemilikan dan geografi.
1. Berdasarkan Topologi
a. Bintang
Konfigurasi ini menggunakan host computer sebagai pemancar dan pendistribusian ke anggota jaringannya.
.

b. Topologi hierarki
Konfigurasi ini biasannya dikenal dengan konfigurasi
pohon, host computer utama merupakan akar jaringan yang ada, sepintas mirip
struktur organisasi. merupakan topologi yang
bisa digunakan pada jaringan di dalam ruangan kantor yang bertingkat.
Hubungan antar satu komputer dengan komputer lain
merupakan percabangan dengan hirarki yang jelas, sentral pusat atau yang berada pada bagian paling atas merupakan sentral
yang aktiv sedangkan sentral yang ada di bawahnya adalah sentral yang pasif.

c. Topologi jala atau mesh
Konfigurasi ini hampir sama dengan hierarki namun
intensitas hubungan antar anggota jaringan lebih banyak.

d. Topologi bus
Menggunakan satu gedung dan ada satu jalur
utama sebagai penghubung yang mendistribusikan kemasing-masing anggota
jaringan.

e. Topologi
cincin
Topologi cincin atau ring topologi adalah topologi jaringan dimana setiap komputer yang
terhubung membuat lingkaran. Dengan artian setiap komputer yang terhubung
kedalam satu jaringan saling terkoneksi ke dua komputer lainnya sehingga
membentuk satu jaringan yang sama dengan bentuk cincin. Biasanya digunakan
pada kondisi dimana masing-masing komputer berdekatan.

f. Topologi
hybrid
Menggabungkan konfigurasi terdahulu dalam satu jaringan. Ketika ada
suatu topologi bintang yang terhubung topologi bintang ke yang lain, masih
tetap merupakan topologi star. Namun, ketika sebuah topologi bintang dan
topologi bus yang terhubung ke satu sama lain, menimbulkan pembentukan topologi
hibrida.

2. Berdasarkan
kepemilikan
a. Private : Jaringan ini biasanya melayani
kebutuhan internal organisasi yang tertutup akses publik.
b. Public : Jaringan ini dibangun oleh perusahaan
telekomunikasi yang menjual layanan ke publik. Ada dua macam jaringan, yaitu
Public Switched Telephone Network (PSTN) dan internet
c. Value Added networks (VANs) : Jaringan ini
hampir sama dengan jaringan publik, yang menawarkan fasilitas transmisi berupa
intelligence berdasarkan kebutuhan perusahaan
3. Berdasarkan
geografi
a. Wide Are Networks (WAN)
Jaringan Area Luas (Wide Area Network –
WAN) menghubungkan suatu wilayah yang lebih luas dari segi geografis, misalnya
menghubungkan Florida, Amerika Serikat dengan dunia, tanpa harus menyediakan
sejumlah uang yang besar untuk membayar tagihan telepon. Namun, jaringan WAN ini
agak rumit dan kompleks. Ia membutuhkan berbagai perangkat keras dan perangkat
lunak sebelum memungkinkan jaringan lokal dan metropolitan berhubungan dengan
komunikasi secara global dan internasional seperti Internet. Secara lahirnya,
jaringan WAN terlihat mirip dan tidak banyak bedanya dengan LAN atau MAN.
b. Metropolitan
Area Networks (MAN)
Jaringan Area
Metropolitan (Metropolitan Area Network-MAN) biasanya meliputi suatu wilayah
geografis yang agak luas dibandingkan dengan jaringan yang tercakup dalam LAN.
Jaringan MAN biasanya dioperasikan di kota-kota, gabungan beberapa buah sekolah
atau di sebuah daerah. Dengan menjalankan suatu jaringan yang sederhana
besarnya di dalam lingkungan tata letak geografis yang besar, informasi dan
informasi dapat disebarkan dengan luas, cepat dan efektif.
c. Local Area
Networks (LAN)
Jaringan jenis
LAN ini biasanya terbatas pada batasan geografis yang kecil misalnya jaringan
yang meliputi sebuah bangunan, sekolah, kantor atau kampus. Fungsi dasar LAN
sebagai satu jaringan yang menghubungkan sejumlah komputer di dalam area yang
terbatas seperti di dalam kampus universitas, di dalam sebuah bangunan dan di
dalam kamar dan kerapkali dihubungkan dengan komputer kerangka utama atau
minikomputer. Namun, jarang sekali jaringan LAN meliputi kawasan yang lebih
dari satu mil jaraknya.Komputer-komputer ini dapat dihubungkan dengan metode
koneksi kabel maupun wireless
Telepon dan
Internet
Sistem telepon
Ada empat sistem
telepon yang digunakan selama ini oleh perusahaan yaitu.
1.
Key system. Sistem ini menggunakan central handset yang memungkinkan operator memilih jalur yang diinginkan dan mampu melayani 3 hingga 50
jalur.
2.
PBX
(private branch exchange).
Semua panggilan masuk dan keluar melalui
switchboard.
3. PABX
(private automatic branch exchange)
Operator menerima panggilan masuk dan menghubungkan kepada penerima.
4. Centrex
(central exchange) Tidak memerlukan switchboard
untuk melakukan panggilan, semua pegawai mempunyai
nomor masing-masing.
Internet
Layanan Internet:
1.
E-mail
E-Mail atau surat elektronik merupakan layanan internet yang banyak
digunakan oleh masyarakat di Indonesia maupun di dunia. Alamat e-mail saat ini
layaknya sudah menjadi identitas pribadi, karena dengan e-mail kita bisa saling
mengirim surat dengan cepat. Boleh dikatakan e-mail merupakan pengganti alamat
rumah kita. Layanan internet berupa e-mail ini sangat banyak sekali macamnya,
ada yang gratis dan ada yang berbayar. Contoh e-mail yang gratis adalah Yahoo,
Gmail, dan Hotmail.
2. World Wide Web (WWW)
Layanan internet yang berupa layanan www sangat populer di tengah-tengah
masyarakat, layanan ini memungkinan kita semua bisa menjelajahi halaman website
yang ada di internet. Para pencari informasi di internet memanfaatkan layanan
www guna mencari informasi berlimpah dari internet. Sekedar mengingatkan saja
meskipun layanan www ini bermanfaat sekali tetapi juga banyak sisi negatif yang
juga ditawarkan seperti perjudian, pornografi, dan trafficking.
3.
FTP (File Transfer Protocol)/Protokol pengiriman
berkas
adalah sebuah protokol
Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang
merupakan standar untuk pengiriman berkas (file) komputer antar mesin-mesin dalam sebuah Antarjaringan.FTP
merupakan salah satu protokol Internet yang paling awal dikembangkan, dan masih
digunakan hingga saat ini untuk melakukan pengunduhan (download) dan penggugahan (upload)
berkas-berkas komputer antara klien FTP dan server FTP.
4.
Usenet
sistem diskusi Internet
yang terdistribusi secara global, merupakan awal dari berbagai forum Internet yang
banyak digunakan saat ini, secara kasar dapat dianggap sebagai hibrida antara surat elektronik dan
forum web. Diskusi disusun menurut topik diskusi, dan ditampilkan oleh Newsreader
seperti halnya susunan forum web dan BBSes, meskipun artikel disimpan pada
peladen secara berurutan.
5.
Listserv
Komputer yang mengotomatiskan pengiriman e-mail (bertindak sebagai pusat
distribusi untuk pesan-pesan e-mail). Salah satu contoh adalah EDTECH yang para
anggotanya mendiskusikan topik-topik yang terkait dengan teknologi pendidikan.
6.
Internet messenger/
Pesan instan
sebuah teknologi Internet
yang memungkinkan para pengguna dalam jaringan internet untuk mengirimkan
pesan-pesan singkat secara langsung pada saat yang bersamaan (real time)
dengan menggunakan teks kepada pengguna lainnya yang sedang terhubung ke
jaringan yang sama. Istilan pesan instan (instant messaging) saat ini
pada umumnya mengacu kepada sebuah teknologi yang dipopulerkan oleh America Online (AOL),
yang kemudian diikuti oleh Yahoo!
(Yahoo! Messenger),
Google, dan Microsoft (Windows Live
Messenger)dan perusahaan-perusahaan lainnya.
7.
Internet telephony/ IP telephony
merupakan konsep penggunaan jaringan internet untuk melewatkan sinyal
telepon dengan delay yang dapat diterima (masih dalam batas toleransi
pendengaran manusia). Alasan utama berkembangnya internet telephony adalah
biaya yang diperlukan untuk melakukan percakapan lebih murah dari pada
percakapan menggunakan saluran telepon biasa, terutama untuk percakapan jarak
jauh. Selain itu, dengan teknologi ini dapat dilakukan videoconferencing
8.
Telnet (Telecommunication network)
adalah sebuah protokol
jaringan yang digunakan pada Internet
atau Local Area
Network untuk menyediakan fasilitas komunikasi berbasis teks interaksi dua
arah yang menggunakan koneksi virtual terminal.
Telecommuting
dan telekomunikasi
Menurut
Gomez-mejia,
telecommuting adalah perencanaan kerja yang menungkinkan pegawai untuk bekerja
di tempat selain kantor dengan selalu menghubungkan diri ke kantor melalui telephon, faksimile atau email.
Dampak negatif
telecommuting:
1. Pegawai tidak dapat menghindar dari pengawasan
pihak manajemen.
2. Pegawai akan beranggapan akan terkucil dari rekan kerjanya.
3. Pegawai akan kehilangan interaksi sosialnya.
4. Pegawai beranggapan akan menambah tingkat
stress dalam rumah tangganya.
5. Pegawai beranggapan akan berdampak negatif
bagi karirnya di masa depan.
No Response to " "
Posting Komentar