TUGAS
MAHASISWA
Tugas mahasiswa adalah membuat makalah untuk menganalisis suatu perusahaan dipandang dari sudut
manajemen pemasaran.
I. Latar
Belakang
Menjelaskan tentang hal yang
melatarbelakangi mahasiswa memilih perusahaan yang bergerak pada suatu bidang
tertentu (misalnya bidang pendidikan, jasa angkutan, dan sebagainya).
II Sejarah
Singkat Perusahaan
III Kegiatan
Usaha perusahaan
IV. Ceritakan
strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan dari berbagai segi
- Apa Market Segmentation produk tersebut?
- Marketing Budget yang telah
digunakan perusahaan.
- Kapan timing yang tepat untuk memasarkan produk tersebut?
- Peranan Marketing Mix dalam perusahaan terdiri atas:
a. Product
1)
Klasifikasi produk tersebut
2) Inti
produk atau manfaat produk
3) Karakteristik yang dimiliki produk tersebut berupa Kualitas
produk tersebut, corak atau ciri
khasnya,
4) Produk
tambahan yang ditawarkan untuk
menyempurnakan produk inti.
b. Price
(harga)
1) Berapa harga yang ditetapkan perusahaan untuk produknya?
2) Bagaimana modifikasi harga yang dilakukan
perusahaan?
c. Bagaimana perusahaan mendistribusikan produknya
supaya sampai pada konsumen?
d. Bagaimana perusahaan mempromosikan produknya?
5. Produk yang ditawarkan perusahaan masuk dalam tahap apa
pada siklus daur hidup produk? Jelaskan alasannya!
6. Sebutkan perusahaan yang menjadi pesaing dan
perusahaan menggunakan strategi apa untuk mengatasi persaingan tersebut?
7. Apakah
perusahaan selalu mengembangkan produk baru? Berapa lama selisih waktu antara
produk lama dengan produk baru? Apa alasan perusahaan mengembangkan produk
baru?
8.
Apa harapan
pelanggan terhadap produk yang ditawarkan perusahaan? Apakah harapan
tersebut sudah terpenuhi?
9.
Apakah strategi
yang digunakan perusahaan untuk meraih dan meningkatkan kepuasan pelanggan?
6. Sebutkan perusahaan yang menjadi pesaing dan
perusahaan menggunakan strategi apa untuk mengatasi persaingan tersebut?
7. Apakah
perusahaan selalu mengembangkan produk baru? Berapa lama selisih waktu antara
produk lama dengan produk baru? Apa alasan perusahaan mengembangkan produk
baru?
8.
Apa harapan
pelanggan terhadap produk yang ditawarkan perusahaan? Apakah harapan
tersebut sudah terpenuhi?
9.
Apakah strategi
yang digunakan perusahaan untuk meraih dan meningkatkan kepuasan pelanggan?
10. Apakah perusahaan tersebut mempunyai keinginan untuk
‘go internasional’? Jika ya, apakah upaya yang sudah dilakukan?
IV. Penutup
Kesimpulan
Saran
No Response to " "
Posting Komentar